Kegiatan Lain

Informasi Kesehatan

Kuman Gigi Suka Gula   

Penyebab gigi anak mengalami ngilu ketika mengkonsumsi makanan tertentu dan penanganannya






HEALTHTALK BRAVO BEACUKAI oleh dr. Tina Qadarina, Sp.THT

Kesehatan Telinga dan Pencegahan Terhadap Ketulian di Suatu Call Center”.



Kenali Tuberkulosis, Amankan diri Anda.

Tuberkulosis adalah Penyakit menular disebabkan oleh kuman tuberculosis (Mycobacterium Tuberculosis). Apa sajakah ciri-ciri seseorang terkena TBC ???...



Seminar kesehatan dan konsultasi hasil MCU dengan dokter setelah pelaksanaan MCU merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bidakara Medical Center (BiMC) untuk klien yang sudah melakukan MCU.



Mammografi.... Apa itu mammografi?...

Apa itu mammografi? Mammografi adalah jenis pemeriksaan menggunakan Pesawat Sinar- X dengan energi Radiasi rendah yang secara khusus dipergunakan untuk pemeriksaan payudara.





Kuman Gigi Suka Gula



        "Mama, gigiku ngilu..." ucap seorang anak berumur 5 tahun kepada ibunya. "Kamu makan apa?" tanya bundanya lembut, sambil mengelus kepala anaknya. "Aku makan permen ma..." jawabnya sambil memperlihatkan bungkus permen berwarna-warni kepada ibunya.


         Begini penjelasannya:





         Di dalam mulut kita, ada makhluk hidup lain, yaitu bakteri, virus dan jamur, bakteri ini sering di kenal dengan kuman. Jangan takut dulu ketika mendengar kata kuman dan jamur, karena ternyata setiap manusia pasti memiliki kuman dan jamur di dalam mulutnya. Jadi, tidak ada seorang manusia di muka bumi ini yang steril dari kuman dan jamur dalam mulut, khususnya yang bersarang di sekitar gigi.


         Tahu tidak berapa jumlah kuman dalam mulut kita? Wah banyak sekali..., karena ada lebih dari 700 jenis kuman. Coba bayangkan kalau setiap jenis punya pasukan seribu saja, berapa banyak kuman yang ada di situ... seram ya. Tapi ya itu tadi, mereka tidak boleh dibasmi atau dimusnahkan, karena memang tempat tinggalnya di sana serta berfungsi untuk untuk keseimbangan flora normal di mulut kita.


        Kuman dan jamur tersebut ternyata bermanfaat untuk menjaga keseimbangan gigi dan mulut kita. Itulah sebabnya, kita harus menjaga agar kuman dan jamur di sekitar gigi kita jumlahnya tetap seimbang. Jika salah satu jumlahnya melewati ambang batas keseimbangan, maka akan menimbulkan dampak negatif terhadap gigi. Misalnya mulai berlubang, menghitam karena karang, atau gusinya terganggu. Akibat dari itu semua menimbulkan rasa sakit atau ngilu di gigi kita.



         Nggak mau kan seperti itu?



         Setelah diselidiki oleh para ahli, ternyata kuman sangat senang dengan gula atau makanan yang mengandung gula. Jumlah mereka akan meningkat dan terus meningkat, jika kita banyak mengkonsumsi gula. Mereka sangat suka. Seolah berpesta pora ketika segumpal gula masuk ke dalam mulut. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan antara jumlah kuman dan jamur. Makin tidak seimbang maka makin cepat merusak gigi kita.



         Kalau tidak mau terjadi seperti itu, kita harus menyeimbangkan jumlah kuman dan jamur, dengan cara merawat gigi secara teratur, memeriksakannya ke dokter minimal setiap enam bulan sekali dan seimbangkan jenis makanan yang kita konsumsi. Selalu membersihkan gigi setelah makan manis dan jangan kebanyakan gula!



Kembali ke atas......

Kenali Tuberkulosis, Amankan diri Anda.



         Hai para BiMC Lover, senang sekali pada kesempatan kali ini saya bisa berbagi informasi mengenai Tuberculosis (TBC). Tuberkulosis adalah Penyakit menular disebabkan oleh kuman tuberculosis (Mycobacterium Tuberculosis). Sumber : Buku Saku PPTI 2010.


         BiMC Lover Adakah yang tahu kapan kuman TBC ini diidentifikasi? 24 Maret 1882 telah di jelaskan dan di identifikasi oleh Robert Heinrich Herman Kock atau lebih dikenal dengan Robert Koch berkebangsaan Jerman. Seiring waktu berlalu penelitian akan tuberculosis semakin maju dan berkembang tepatnya pada tahun 1921 di Perancis Albert Calmette dan Camille Guerin menemukan imunisasi anti TBC dengan vaksin BCG (Basil Calmette dan Guerin).


        BiMC Lover paragraph diatas adalah sejarah yang terjadi didunia nun jauh disana, bagaimna dengan bumi pertiwi kita? Tidak ada yang tahu pasti kapan penyakit itu masuk ke negeri ini, namun beberapa penelitian mengarah pada masyarakat di dunia yang berkembang semakin banyak yang mengidap TBC karena kekebalan tubuh mereka yang lemah termasuk Indonesia, terbukti pada tahun 1990-an Indonesia berada pada peringkat ke -3 dunia penderita TBC. Wooww…. Mencengangkan bukan? Tapi keadaan terbalik setelah tahun 2013 menjadi peringkat ke -5 dunia. Salut buat tim Pemberantas TB Indonesia.



        BiMC Lover sudah tau kan betapa bahayanya penyakit ini? MENINGGAL DUNIA, itulah bahaya penyakit ini, bayangkan saja 1 penderita saat bersin dan batuk tanpa menutup mulutnya dengan BTA positif bisa menularkan kepada 10-15 orang di sekitarnya. Mengerikan bukan? Lantas bagaimana kita bisa mengetahui seseorang sakit TB? Kita harus curiga bila seseorang mengalami : Batuk berdahak lebih dari 2 minggu, atau menunjukan gejala batuk campur darah, sering sesak napas, berkeringat waktu malam tanpa kegiatan, demam lebih dari 1 bulan, dan berat badan menurun, lemas, dan tidak nafsu makan. Hayoo adakah dari tanda-tanda tadi ada di antara BiMC Lover? Semoga tidak ada. Amin.



         BiMC Lover, seandainya menemukan tanda-tanda diatas, jangan khawatir karena penyakit TBC ini BISA DISEMBUHKAN. Tapi sebelumnya pastikan dahulu apakah benar-benar sakit TBC atau tidak, BiMC lover bisa memastikan dengan memeriksakan dahak di laboratorium sebanyak 3 kali (sewaktu, pagi, sewaktu) dalam waktu 2 hari, Bisa juga dilakukan Foto Paru untuk melihat apakah ada kerusakan di paru yang kemungkinan disebabkan oleh kuman TB.



         Bidakara Medical Center adalah Klinik Modern dan Nyaman yang berada di area Strategis kawaasan kompleks Bidakara Pancoran Jakarta Selatan. Disana terdapat Laboratorium dan Radiologi yang bisa dijadikan tempat pemeriksaan dan pengobatan TBC dengan di dukung dokter Spesialis Patologi Klinik, Spesialis Radiologi dan tentunya Spesialis Pulmonologi/Paru.



Kembali ke atas......


Mammografi.... Apa itu mammografi?....



         Apa itu mammografi? Mammografi adalah jenis pemeriksaan menggunakan Pesawat Sinar- X dengan energi Radiasi rendah yang secara khusus dipergunakan untuk pemeriksaan payudara dengan obyek berada diantara film radiografi dan tabung sinar-X.


         Mengapa perlu dilakukan mammografi? Tujuan pemeriksaan mammografi yaitu mendeteksi dan mendiagnosis masalah atau penyakit pada payudara, terutama mendeteksi pertumbuhan atau perubahan abnormal pada jaringan payudara, termasuk keberadaan kanker payudara. Semakin cepat mammografi dilakukan, kanker lebih mudah untuk diobati dan disembuhkan. Mammografi tidak dapat mencegah kanker payudara, namun dapat menyelamatkan nyawa dengan mendeteksi kanker sedini mungkin bahkan jika Anda tidak/ belum menunjukkan gejala apa pun. Oleh karena itu mammografi seringkali masuk dalam paket pemeriksaan Medical Check Up.


        Siapa dan kapan memerlukan pemeriksaan mammografi? Resiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. USPSTF (U.S Preventive Services Task Force) merekomendasikan agar perempuan mulai usia 50 sampai 74 tahun melakukan mammogram setiap dua tahun sekali. Karena studi menunjukkan bahwa manfaat dari screening mammografi meningkat sesuai usia, begitu pula American Cancer Society merekomendasikan agar perempuan yang berusia diatas 40 tahun melakukan mammogram setiap tahunnya.



        Lakukan pemeriksaan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sebaiknya 10 hari setelah menstruasi. Hal yang harus diperhatikan adalah apakah terdapat keadaan yang tidak biasa saat meraba. Perbedaan itu seperti benjolan, penebalan kulit, perubahan ukuran dan bentuk payudara, pengerutan kulit, keluar cairan pada puting susu, nyeri, pembengkakan lengan atas, dan teraba benjolan di ketiak dan leher. Bila ditemukan tanda-tanda tersebut, maka segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.



Apa “do and don’t” saat akan melakukan mammografi?
  • Mammografi atau pemeriksaan dengan pesawat sinar-X lainnya tidak boleh dilakukan dalam keadaan hamil atau menyusui
  • Tidak disarankan menggunakan deodorant, parfum, bedak atau body lotion karena partikel zat atau logam yang terkandung di dalam produk tersebut dapat mengganggu pembacaan hasil
  • Sebaiknya jadwalkan pemeriksaan seminggu setelah menstruasi, agar mendapatkan hasil gambar yang baik dan mengurangi keluhan sakit saat Anda dalam pemeriksaan mammografi


  • Bagaimana proses pemeriksaan Mammografi?
  • Anda harus membuka baju mulai dari pinggang ke atas, dan radiographer akan memberikan baju ganti kimono untuk memudahkan pemeriksaan.
  • Radiografer akan memposisikan payudara Anda pada meja/ bucky periksa, kemudian alat kompresi plastik diturunkan untuk menekan payudara Anda selama beberapa detik.
  • Anda mungkin merasa tidak nyaman ketika payudara Anda ditekan. Beritahukan kepada radiographer bila Anda merasa kesakitan.
  • Umumnya dibutuhkan 2 gambar untuk 1 payudara, namun pada wanita yang memiliki implant atau payudara besar dapat diperlukan gambar yang lebih banyak.


  •          Di mana Anda dapat melakukan pemeriksaan Mammografi? Bidakara Medical Center menyediakan pemeriksaan Mammografi Analog dengan standar yang tinggi dan modern, harga pemeriksaan terjangkau, hasil gambar berkualitas, beresolusi tinggi, cepat, dan nyaman untuk pasien. Hasil pemeriksaan dapat segera diketahui setelah dibaca oleh dokter Spesialis Radiologi yang terpercaya dan berpengalaman.



             Hubungi kami di unit layanan Radiologi ext. 137 setiap hari pukul 07.30-20.00 WIB untuk melakukan perjanjian atau berkonsultasi seputar persiapan pemeriksaan.







    Kembali ke atas......


    HEALTHTALK BRAVO BEACUKAI oleh dr. Tina Qadarina, Sp.THT



             Sehubungan dengan pelaksanaan MCU Call Center Bravo Beacukai yang telah dilakukan di bulan Agustus lalu, Bidakara Medical Center (BiMC) diundang untuk memaparkan hasil kesehatan MCU di Bravo BeaCukai pada hari Jumat, 29 November 2019 yang dijelaskan oleh dr. Tina Qadarina, Sp.THT bersama dr. Juhartatik.


             Materi yang diangkat oleh dr. Tina Qadarina, Sp.THT berjudul “Kesehatan Telinga dan Pencegahan Terhadap Ketulian di Suatu Call Center”. Dengan jumlah peserta kurang lebih 30 orang yang hadir, dr. Tina Qadarina, Sp.THT menjelaskan bahwa telinga yang sehat dan bersih yaitu telinga yang tidak ada kelainan dan memiliki pendengaran yang baik.




    Ada 6 penyebab gangguan pendengaran yang sering terjadi, diantaranya:
  • Trauma Kepala
  • Noise Induced Hearing Loss
  • Serumen Impaksi (Kotoran Telinga)
  • Perforasi Gendang Telinga
  • Penuaan (Presbikusis)
  • Infeksi Telinga

  •         Gangguan pendengaran pada karyawan Call Center termasuk Noise Induced Hearing Loss yang disebabkan akibat paparan bising yang terlalu keras dan lama dengan intensitas >85 dB.


    Beberapa faktor yang menyebabkan gangguan pendengaran di Call Center yaitu:
  • Kenyamanan di tempat kerja
  • Lama online
  • Volume headset
  • Headset
  • Kebiasaan di luar kantor


  •         Maka dari itu wajib sekali bagi kita, khususnya pekerja sebagai Call Center, untuk memperhatikan kesehatan telinga kita agar dapat berfungsi dengan baik. Dengan cara melakukan check up rutin dengan MCU atau konsul ke dokter spesialis THT selama 6 bulan sekali.



    Untuk Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Telinga Hidung Tenggorokan anda, dapat dilakukan di Bidakara Medical Center dengan jadwal :



    Kembali ke atas......